Seiring dengan bertambahnya usia biasanya juga terjadi peruabahan pada tubuh kita, memang itu sangat sulit untuk dihindari, salah satunya yaitu terjadinya pengapuran tulang. Dalam medis, pengapuran tulang ini disebut dengan osteoartritis. Pengapuran tulang ini tidaklah sama dengan pengeroposan tulang, pengapuran tulang, merupakan sebagai salah satu bentuk kerusakan yang terjadi di area sendi, akibat dari penggunaan dalam jangka waktu yang cukup lama. Maka dari itu biasanya kondisi tersebut sering kali muncul pada lansia, meski begitu juga bisa terjadi pada mereka yang memiliki usia muda. 

Berbicara mengenai pengapuran tulang Mari Kenali Penyebab Dan Cara Mengatasinya?

Penyebab Pengapuran Tulang

Usia yang terus bertambah
Bertambahnya usia juga menjadi salah satu penyebab pengapuran tulang terjadi. Resiko pengapuran tulang ini akan meningkat biasanya kalau Anda memasuki usia 45 tahun. Namun, ini bukanlah hal yang mustahil kalau dialami oleh Anda yang lebih muda, hal tersebut dapat terjadi kalau Anda pernah mengalami cidera nyeri sendi ataupun rasa kaku pada saat pagi hari.

Faktor Keturunan
Berikutnya factor yang menyebabkan pengapuran tulang yaitu karena adanya factor keturunan. Jika pada keluarga Anda mempunyai riwatar pengapuran tulang, baik itu dari kakek, orang tua ataupun dari saudara kandung, biasanya Anda juga mempunyai resiko yang tinggi untuk mengalami pengapuran tulang. Dengan Anda mengetahui Riwayat kesehatan keluarga tentu saja bisa mempermudah diagnosis dan penanganan dokter menggunakan obat yang sesuai.

Mengalami Cedera
Cedera merupakan sebagai salah satu penyebab terjadinya pengapuran tulang. Contoh cedera yaitu karena adanya kecelakaan atau cedera ketika melakukan berolahraga. Akan tetapi cedera yang dimaksud dalam hal ini merupakan cedera ligament, robek tulang rawan ataupun dislokasi sendi. Meskipun cedera sudah sembuh, membuat risiko pengapuran tulang pun tetap ada.

Profesi yang Berisiko
Berikutnya penyebab pengapuran tulang yaitu disebabkan oleh profesi yang beresiko. Nah beberapa profesi yang meningkatkan risiko pengapuran tulang diantaranya yaitu buruh bangunan, petani dan atlet.

Kelebihan Berat Badan
Jika Anda mengalami kelebihan berat badan, dalam hal ini Anda harus hati hati. Ini karena kelebihan berat badan bisa menyebabkan pengapuran tulang. Untuk mereka yang mengalami obesitas, tentunya mempunyai resiko pengapuran tulang yang lebih besar. Hal tersebut karena, sendi-sendi yang menopang pada tubuh akan menerima beban yang besar diantaranya yaitu seperti punggung, pinggul dan juga lutut. Perlu Anda ketahui, kalau meningkatnya berat badan sebanyak 0,5 kg juga akan dapat memberikan beban pada lutut 3 kali lipat
Nah itulah penyebab pengapuran tulang yang sering terjadi. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Pengapuran Tulang

Rutin Berolahraga
Dengan Anda melakukan kegiatan fisik, maka bisa meningkatkan kekuatan otot pada bagian persendian, sehingga ini bisa menghilangkan kekakuan pada bagian sendi. Anda bisa memilih olahraga yang ringan, contohnya yaitu seperti berjalan kaki atau berenang. Selain itu Anda bisa juga memilih yoga, karena bisa membantu meningkatkan fleksibilitas sendi. Dalam hal ini Anda cukup melakukan olahraga selama kurang lebih 20-30 menit per harinya.

Menurunkan Berat Badan
Pengapuran tulang juga bisa menyebabkan berat badan, maka dari itu untuk mengatasinya Anda perlu untuk menurunkan berat badan. Dengan Anda mengurangi berat badan tentunya akan dapat mengurangi rasa nyeri pada bagian persendian seperti lutut, kaki dsb. 

Kompres Hangat Dan Dingin
Berikutnya yaitu dengan mengompres pada bagian yang sakit, Anda bisa mengompres bagian yang sakit menggunakan kompres hangat dan dingin. Kompres tersebut akan dapat membantu untuk meredakan rasa nyeri dan kekakuan sendi. Anda bisa mengompresnya selama 15 sampai 20 menit.

Itulah beberapa penyebab pengapuran tulang dan cara mengatasianya. Sekarang Anda sudah tahu?

0 Komentar