Kesalahan diagnose penyakit akan berujung pada lamanya penyakit bisa sembuh. Tak terkecuali pada penyakit tifus dan demam berdarah yang sepintas sama. Baik tifus maupun demam berdarah sama-sama ditunjukkan oleh demam tinggi yang menyerang penderitanya. Hanya saja, keduanya meski tampak serupa namun benar-benar berbeda. Hal ini akan berdampak pada langkah pengobatan dimana manfaat daun jambu biji untuk meningkatkan trombosit bisa diterapkan pada penderita DBD namun belum tentu untuk penderita tifus. Lalu, bagaimana cara membedakan tifus dan demam berdarah? Berikut ini ulasan lengkapnya. 

Perbedaan Pola Demam
Baik tifus maupun DBD sama-sama ditandai oleh demam tinggi kepada para penderitanya. Hal inilah yang seringkali membuat banyak orang terkecoh dan salah mendiagnosa. Ada yang mengganggap remeh demam yang diderita karena dianggap hanya tifus, namun ada pula yang mendiagnosa dirinya menderita demam berdarah hingga akhirnya memilih obat yang kurang tepat.

Salah satu ciri untuk membedakan antara penyakit demam berdarah dengan tifus yakni berdasarkan pola demamnya. Pola dari gejala demam berdarah yakni demam tinggi yang berlangsung hingga sepanjang hari. Sementara itu, jika Anda menderita tifus, demam akan cenderung naik dan turun dengan memiliki pola tertentu. Pola ini bisa dilihat dalam satu hari, misal demam tinggi pada malam hari atau pagi hari saja selama beberapa hari.

Komplikasi
Walaupun merasakan gejala yang sama yakni demam tinggi, namun penderita demam berdarah dan tifus akan mengalami komplikasi yang berbeda. Perbedaan komplikasi ini terletak pada kerusakan pembuluh darah yang mengakibatkan bintik merah pada kulit. Pada penderita demam berdarah dengue atau DBD, kerusakan pembuluh darah dapat berujung pada komplikasi berupa kegagalan sistem organ dalam hingga yang terparah sampai kematian. Sementara itu, penderita tifus akan merasakan komplikasi berupa masalah pada saluran cerna spesifiknya pada bagian usus. Bagian usus bisa berlubang yang membuat usus jadi bocor ke rongga perut hingga menyebabkan infeksi. Meskipun berbeda, keduanya sama-sama berbahaya dan perlu mendapatkan langkah pencegahan sesegera mungkin.

Memahami perbedaan antara tifus dan demam berdarah sangat penting agar tidak salah pengobatan. Tapi, lengkapi juga ilmu pengetahuan Anda seputar dunia kesehatan dengan rutin membaca info kesehatan terbaru dari guesehat.com.

0 Komentar