Ada banyak sekali merek dan jenis sabun bayi yang beredar di pasaran. Namun, tidak semuanya cocok dan baik untuk kesehatan kulit bayi Anda. Terlebih jika bayi Anda mempunyai jenis kulit yang kering dan mudah alergi, sehingga Anda harus memberinya sabun bayi anti iritasi secara teratur dan benar. Tetap saja Anda harus pilah-pilih secara tepat dan benar.

Tips Memilih Sabun Bayi yang Tepat

Sebelum Anda membeli serangkaian paket maupun hanya sabun bayi, tidak ada salahnya untuk memperhatikan tips memilih sabun bayi yang tepat seperti di bawah ini:

a. Perhatikan komposisi sabun bayi 
Ada baiknya Anda memperhatikan dan meneliti terlebih dahulu kandungan sabun bayi yang akan Anda beli. Hal itu bertujuan untuk mengetahui secara pasti kandungan buruk yang ada dalam sabun bayi. Hindari pula kandungan bahan yang berupa alkohol, glikol, dan sebagainya. 

b. Pilih sabun bayi yang bebas aroma
Sabun bayi yang mempunyai aroma sangat wangi dan menyengat seringkali mengandung terlalu banyak bahan kimia. Sementara bahan kimia sendiri tidak baik untuk kesehatan kulit bayi yang sensitif.

c. Pilih sabun bayi dengan label hypoallergenic 
Bagi bayi Anda yang mempunyai masalah serius dengan kulit kering dan mudah iritasi, sebaiknya pilih sabun khusus kulit bayi sensitif dengan label hypoallergenic. Tentu saja sabun dengan label tersebut sangat aman untuk kesehatan kulit bayi. 

d. Pilih sabun bayi yang berbahan alami dan ber-Ph netral
Bahan alami memang lebih aman untuk berbagai jenis kulit, khususnya bayi. Adapun bahan alami yang baik bagi kulit diantaranya adalah madu, minyak zaitun, susu, almond, hingga mentega cokelat. Selain itu juga pilih sabun dengan kandungan Ph yang netral agar tidak merusak jaringan kulit bayi. 

e. Hindari sabun bayi dengan ekstra busa
Bayi tidak harus dibersihkan dan dimandikan dengan banyak busa, mengingat kulit dan tubuhnya yang masih lebih alami serta tidak mempunyai banyak kotoran. Selain itu, sabun yang mempunyai ekstra busa seringkali mengandung banyak bahan kimia yang mengganggu kesehatan kulit bayi. 

0 Komentar