Sama seperti halnya dengan membeli rumah, untuk menyewa rumah diperlukan pertimbangan. Ditambah lagi jika kontrak sewa yang dijalankan lebih dari 2 tahun, tentunya diperlukan pertimbangan yang masak. Jadi, di waktu yang akan datang tidak ada rasa penyesalan yang membuat Kamu harus mencari rumah kontrakan yang lain, sebab putuskan kontrak ditengah-tengah kesepakatan sewa bukan hal yang memberikan keuntungan. Lalu apa yang perlu dilihat waktu mencari rumah kontrakan? Sebetulnya tidak demikian berlainan dari mencari rumah untuk dibeli, dalam penelusuran rumah untuk kontrakan diperlukan pertimbangan seperti tempat, harga, keadaan bangunan dan yang lain. Untuk lebih detilnya, berikut beberapa tips yang sudah dirangkum untuk temukan rumah sewa yang paling baik: 

Tempat

Tempat adalah hal yang sangat penting untuk jadikan pertimbangan bila Kamu ingin lakukan sewa rumah. Pilih tempat yang jaraknya bersisihan dengan tempat Kamu bekerja dimana untuk meraihnya dapat di jangkau dengan transportasi umum yang murah. Mengapa? Sebab menyewa rumah sifatnya sesaat, dan Kamu harus berhemat untuk menabung supaya bisa beli rumah. Tentu saja akan bikin rugi jika Kamu harus menyewa rumah terus-terusan dan harus juga naik kendaraan pribadi atau harus berubah-ubah transportasi untuk ke arah tempat bekerja seperti kantor atau tempat beribadah. Check sekitar lingkungan rumah yang akan kontrakan, dari mulai keamanan, sampai kekuatan banjir. Pastinya bikin rugi jika nyatanya Kamu harus tinggal di lingkungan dengan kriminalitas tinggi atau banjir. Sebab kehilangan barang atau rusaknya barang punya Kamu sebab banjir bukan tanggung jawab pemilik rumah. 

Harga

Harga pastinya jadi pertimbangan untuk Kamu yang sedang mencari rumah kontrak. Makin dekat tempat rumah dengan pusat kota, pastinya harga sewanya akan mahal. Ditambah lagi jika bangunan rumah baru diperbaiki dan memiliki sarana komplet. Jadi, untuk menyiasatinya cari rumah kontrakan yang ada di pinggir pusat kota tetapi mempunyai transportasi yang baik untuk ke tempat bekerja. Janganlah memaksa diri untuk tinggal di dalam rumah pada harga sewa tinggi dan ada di pusat kota, ingat Kamu harus menabung untuk dapat beli rumah sendiri yang akan datang. Waktu tanda-tangani kesepakatan kontrak Kamu harus memerhatikan periode waktu sewa sampai ongkos deposit (jika ada). Kerjakan negosiasi sebaik-baiknya dengan pemilik rumah, dan jangan sampai menyedihkan pemilik rumah. Bayarlah ongkos sewa sesuai dengan kesepakatan kontrak dan penuhi ketentuan yang diberi pemilik rumah. Siapa tahu yang akan datang jika Kamu ingin perpanjang sewa kontrak, pemilik akan memberi potongan harga yang pasti akan memberikan keuntungan Kamu. 

Keadaan Bangunan

Yakinkan rumah kontrakan dalam kondisi baik dan wajar huni, sesuai yang dijelaskan pemilik rumah. Keadaan rumah yang wajar misalnya ialah cat dinding yang tidak terkelupas, ada air bersih, tidak ada atap yang bocor, bebas dari hama rumah seperti rayap dan tikus, pintu yang kuat, dan yang lain. Hal itu bisa pastikan Kamu untuk langsung tinggal dengan tenang di dalam rumah itu tak perlu lakukan perbaikan terlebih dulu. Lihat kesepakatan dengan pemilik rumah jika yang akan datang diketemukan permasalahan, apa Kamu punyai hak untuk minta mereka merenovasi atau memang seharusnya Kamu yang menanggungnya. Yakinkan ini dengan pemilik dan buat persetujuan hitam di atas putih jika memang perlu supaya tidak berlangsung permasalahan di masa yang akan datang. 

Lingkungan Bersih

Pilih tempat rumah kontrakan yang ada di lingkungan bersih. Ini termasuk penting dari sisi kenyamanan, sebab lingkungan yang kotor mengakibatkan ketidaknyamanan. Yakinkan lingkungan rumah kontrakan jauh dari tempat pembuangan sampah, dan selokan yang tidak bau. Lingkungan yang bersih memengaruhi kesehatan Kamu atau bagian keluarga yang lain supaya tidak gampang terkena penyakit. 

Sarana Lokasi Yang Mencukupi

Paling akhir, cari lokasi rumah disewakan atau kontrakan yang memberi sarana mencukupi. Sarana yang disebut misalnya seperti fasilitas pendidikan, hiburan (restoran/bioskop), tempat main, sampai ajang berolahraga dan main anak. Cocokkan dengan style kehidupan Kamu. Kembali lagi arah dari ini ialah unsur kenyamanan. Pastinya Kamu akan nyaman apa jika dapat berada dekat sama beberapa hal yang Kamu gemari sekedar untuk melepas kepenatan. Yakinkan rumah kontrakan yang kamu pilih dekat sama tempat transportasi umum ke arah tempat kamu kerja atau kuliah atau bahkan juga ke sejumlah tempat yang seringkali kamu datangi. Akses transportasi penting saat kamu mencari rumah baik itu untuk dibeli maupun cuma untuk mengontrak saja. 

Memang tidak semua tips diatas mungkin dipunyai oleh rumah kontrakan , tetapi paling tidak bisa membantu Kamu untuk pilih seperti apa rumah yang paling baik untuk jangka waktu pendek. Jangan sampai berpikiran menyewa rumah untuk jangka waktu panjang, sebab akan bikin rugi. Berhemat dan menabunglah sebaik-baiknya dan selekasnya memakai sarana angsuran seperti KPR dari bank untuk dapat selekasnya mempunyai rumah sendiri. Jika kamu mempunyai biaya yang lumayan besar untuk kontrak rumah mengapa untuk tidak mencicil KPR saja. 

0 Komentar