Selain gili atau pulau-pulau kecil, destinasi wisata lombok juga terdiri dari area pegunungan seperti Gunung Rinjani dengan Danau Segara Anak. Danau Segara Anak adalah sebuah danau vulkanik yang terletak di kaldera Gunung Rinjani sekitar 2000 m diatas permukaan laut. Tepatnya di bagian barat Gunung Rinjani desa Lawang Sembalun, Lombok. Danau ini membentang dengan luas 11 km persegi dan kedalamannya mencapai 230 m.

Danau Segara Anak
Air pada danau ini berwarna biru jernih yang memukai, sehingga diberi nama Segara Anak yang berarti Samudra Kecil. Danau ini juga menjadi daya tarik utama pemandangan di Gunung Rinjani. Trekking ke Gunung Rinjani tanpa mampir dulu ke danau segara anak, rasanya sia-sia belaka. Memang butuh waktu dan usaha agar bisa mencapainya karena letaknya cukup tinggi, tapi setelah sampai disana, pemandangannya akan mengalahkan kelelahan kamu.

Mitos Umur Danau
Buka rahasia umum lagi, hampir semua tempat terutama di Gunung mempunyai mitos, begitupun  dengan segara anak. Kono katanya, jik orang melihat danau ini sangat luas, maka orang tersebut mempunyai umur panjang. Namun, sebaliknya jika orang melihat danau ini sempit, maka umurnya relatif pendek. Para umat Hindu mempercayai bahwa danau tersebut merupakan tempat bersemayamnya para dewa. Sementara umat Islam meyakini bahwa danau itu adalah tempat bersemayamnya wali Allah yang sudah meninggal.

Termasuk Danau Tertinggi di Indonesia
Objek wisata lombok ini, selain memiliki pemandangan yang indah juga terletak di ketinggian sekitar 2.010 mdpl. Karena itulah danau segara anak termasuk salah satu danau tertinggi di Indonesia. Sungguh berkesan sekali, bila kamu bisa mengunjunginya.

Bisa Memancing
Tak hanya bisa berenang dan menikmati keindahannya saja, tapi kamu juga bisa melampiaskan hobi memancing disana. Hingga saat ini tidak ada larangan memancing atau mengambil ikan di objek wisata lombok ini. Jadi, kalau kamu mendaki Gunung Rinjani, usahakan bawa alat pancing. Sehingga, kamu bisa merasakan momen seru memancing pada ketinggian dan merasakan ikan Gunung Rinjani. Tentulah menjadi pengalaman seru.

Terdapat Gua di Sekitar Danau
Ternyata ada objek wisata lombok lainnya di sekitar danau ini. Terdapat 3 gua yang akan kamu temukan bila berkunjung kesana yaitu Gua Payung, Gua Susu dan Gua Manik. Gua Susu merupakan gua yang paling populer diantara ketiganya. Letak gua ini sekitar 1 km dari danau. Menurut masyarakat sasak dan umat Hindu Lombok, gua itu mempunyai arti khusus dan termasuk tempat yang disakralkan.

Perlu 7 Jam untuk Sampai Kesana
Sebagaimana yang telah diulas di ata bahwa danau segara anak terletak pada ketinggian 2.010 mdpl yang berarti harus mendaki dulu agar bisa sampai disana. Butuh waktu sekitar 7 – 8 jam dari Jalur Senaru atau Jalur Sembalun. Memang harus capek, tapi capek dan lelahmu itu akan terbayar setelah menyaksikan keindahannya.

Ada Gunung Lagi di Sekitarnya
Kawasan Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak
Uniknya lagi objek wisata lombok ini adalah terdapat satu gunung lagi di salah satu tepinya. Memang danau segara anak ini adalah bagian dari rute perjalanan ke Gunung Rinjani, tapi tahukah kamu kalau disana ada gunung di atas gunung. Di Gunung Rinjani terdapat sebuah gunung yang letaknya di atas gunung yang bernama Gunung Barujari. Lokasi persisnya di salah satu tepi danau yang mempunyai pemandangan cantik kalau disaksikan dari Puncak gunung Rinjani. Barujari merupakan gunung berapi dan masih aktif hingga sekarang.

0 Komentar