Memakai hijab merupakan salah satu kewajiban seorang muslimah. Selain menaati peraturan agama, hijab juga dapat membuat wanita terlihat lebih menarik. Namun sayangnya, hijab terkadang juga menyebabkan timbulnya beberapa masalah. Salah satunya adalah rambut berketombe. Jika hal ini terjadi, anda harus menggunakan shampo hijab yang tepat. Sehingga, anda tetap dapat menaati syariat dengan nyaman.
(Foto: Shutterstock)

Penyebab Ketombe pada Wanita Berhijab

Ketombe adalah serpihan halus berwarna putih dari kulit kepala. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. 

1. Faktor internal
Beberapa orang memiliki kulit kepala yang sensitif terhadap asam oleat. Asam ini dihasilkan dari penguraian sebum yang dilakukan oleh jamur yang ada di kepala semua orang, yaitu Malasseizia globosa. 

Kulit kepala yang sensitif terhadap asam ini akan memberi sinyal ke otak agar mempercepat proses pergantian kulit. Akibatnya, serpihan-serpihan kulit yang telah diregenerasi terlepas dari kulit kepala.

2. Faktor eksternal
Faktor luar yang memicu timbulnya ketombe adalah panas, keringat, serta polusi. Kepala yang tertutup hijab seharian tentu akan menghasilkan lebih banyak keringat. Keringat yang bercampur dengan sebum membuat jamur berkembang semakin mudah dan banyak. 

Jamur ini membuat kulit kepala terasa gatal. Oleh karenanya, kulit kepala anda akan berusaha untuk menghilangkan jamur tersebut dengan mempercepat regenerasi kulit. Sehingga jamur akan terlepas bersama serpihan kulit yang sudah mati. Namun, mekanisme alami ini biasanya tidak efektif.

Shampo Anti Ketombe untuk Wanita Berhijab

Apabila kulit kepala anda berketombe, anda harus beralih menggunakan shampo yang tepat. Shampo hijab anti ketombe biasanya mengandung zinc dan bahan alami yang mampu mengusir jamur pada kulit kepala. Shampo jenis ini biasanya juga dapat membuat rambut anda terasa lebih segar. Sehingga, produksi keringat pada kulit kepala dan rasa gatal akan berkurang. 

Saat memilih shampo anti ketombe untuk wanita berhijab, and harus benar-benar memilih shampo yang berkualitas agar masalah ketombe anda cepat teratasi. Pastikan bahwa produk tersebut memiliki formula yang ramah terhadap rambut anda. selain itu, pastikan bahwa shampo ini dapat menutrisi rambut dengan baik.

Untuk hasil maksimal, anda juga harus menggunakan kondisioner serta masker rambut yang khusus untuk kulit kepala berketombe. Dengan demikian, anda dapat terus mengenakan hijab tanpa menderita ketombe.

0 Komentar