Kalender haid biasanya digunakan untuk menghitung siklus haid, masa subur, dan untuk mengetahui usia kehamilan jika telah hamil. Masa subur seorang perempuan tergantung pada siklus haid yang dialaminya. Sudah pasti jika antara seorang wanita satu dan yang lainnya memiliki siklus haid yang berbeda-beda. Siklus haid dihitung dari hari pertama haid bulan ini sampai hari pertama haid berikutnya. Umumnya siklus haid berlangsung selama 21 sampai 35 hari. Masa subur dapat ditentukan dengan perhitungan kalender selama haid. Nah hari pertama haid ini dihitung sebagai dimulainya siklus kalender ini. Pada masa subur sel telur hanya dapat bertahan hidup selama 24 jam setelah dilepaskan. Dalam jangka waktu ini sperma harus membuahi sel telur agar kehamilan bisa terjadi.

Berikut langkah untuk menghitung siklus haid agar diperoleh masa subur, yaitu hitung siklus haid selama 6 hingga 12 bulan berturut-turut, kemudian kurangi jumlah siklus haid terpendek dengan angka 18, missal 28-18=10. Artinya hari ke-10 dalam siklus haid adalah masa subur. Kemudian kurangi jumlah siklus haid terpanjang dengan angka 11, misal 32-11=21, berarti hari ke-21 adalah hari terakhir masa subur. Pada masa subur inilah dinding rahim mengalami penebalan karena memang disiapkan untuk menempelnya sel telur setelah dibuahi. Memang penebalan dinding rahim merupakan hal yang wajar, namun jika penebalan berlangsung terus menerus akan menyebabkan ketidaknyamanan karena hal ini menyebabkan siklus haid berlangsung lama dan volume darah juga lebih banyak. Salah satu ramuan herbal untuk mengatasi hal ini adalah dengan Kunyit obat penebalan dinding rahim.

Kandungan kurkumin yang merupakan senyawa alami dalam kunyit memiliki sifat analgesik, yaitu dapat mengurangi nyeri, selain itu juga dapat menghambat produksi prostaglandin yaitu hormon penyebab peradangan dan juga nyeri. Pereda nyeri alami ini tentunya tidak akan menimbulkan efek samping bagi lambung, jadi dapat dipastikan bahwa dengan baik mampu mengobati penebalan dinding rahim dengan efektif dan terjamin keamanannya. Kunyit adalah pilihan terbaik untuk mengobati penebalan dinding rahim atau adenomiosis.

0 Komentar