Diperhitungkan 1 dari 3 orang menderita penyakit darah tinggi. Penyakit ini dapat mengakibatkan kerusakan serius pada organ yang tidak dapat sembuh. Tekanan darah tinggi tingkatkan efek penyakit jantung, penyakit ginjal, stroke, sampai diabetes. Tidak bingung bila tekanan darah tinggi diketahui jadi ‘Pembunuh No 1 di Dunia’. 

Tekanan darah tinggi umumnya diderita orang di atas umur 18 tahun. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pembagian satu orang terserang tekanan darah tinggi bertambah bersamaan menambahnya usia, yakni 1 dalam 10 orang pada umur 20-30-an tahun, serta 5 dari 10 orang pada umur 50-an tahun. Karenanya, deteksi awal penting dikerjakan, serta tiap orang dewasa semestinya tahu tekanan darah mereka serta mengawasinya dalam level yang normal, yakni 120/80 mmHg. 

Diluar itu, skema makan serta pola hidup sehat penting dikerjakan untuk mengurus tekanan darah tinggi. Berikut 6 cara mudah yang dapat dikerjakan untuk mencegah penyakit darah tinggi : 

1. Kurangi garam 
Batasi konsumsi sodium membantu mengatur tekanan darah tinggi buat orang yang mengidapnya serta mencegah orang yang tidak mengidapnya. WHO mereferensikan konsumsi sodium tidak melewati dari 2.000 miligram atau lima gr garam (sama dengan satu sendok teh /hari). Waspadalah dengan makanan kaleng serta makanan cepat saji seperti pizza, fried chicken, dan sejenisnya. Makanan type itu memiliki kandungan garam yang terlalu berlebih. 

2. Mengonsumsi potasium 
Mineral ini menolong turunkan tekanan darah. Konsumsi harian yang direferensikan untuk dewasa yakni 3.510 miligram. Ada pula buah yang kaya potasium, seperti pisang, pepaya, serta kurma (kurang lebih 300 miligramper 100 gr), sayuran seperti bayam, kol (550 miligram per 100 gr), kacang polong (kurang lebih memiliki kandungan 1.300 miligram potasium per 100 gr kacang polong), kacang (600 miligram per 100 gr),  

3. Modifikasi diet 
Konsumsilah sekurang-kurangnya lima hidangan buah dan sayuran memiliki serat serta kurangi makanan olahan dalam menu harian. Kurangi makanan bergaram seperti asinan, saus dan keripik. Buah serta sayuran memiliki kandungan rendah sodium serta kaya potasium. Ini akan membantu turunkan tekanan darah. Kurangi makanan berlemak serta makanan yang digoreng, terutamanya yang memiliki kandungan lemak jemu atau lemak trans. 

4. Kontrol berat badan 
Tekanan darah condong tingkatkan berat badan. Tiap lima kg penurunan berat badan dapat turunkan tekanan darah sistolik sampai 2-10 point. Untuk hasil maksimal, orang dewasa semestinya mengurus Indeks Massa Tubuh (Body Mass Index/BMI) di antara 18,5-24,9 kg/m2. 

5. Olahraga 
Kondisi stres dapat mengakibatkan serangan darah tinggi temporer. Karenanya membuat fisik aktif merupakan satu diantara hal yang penting dikerjakan untuk mencegah atau mengatur tekanan darah tinggi. Istirahatlah yang cukup, meditasi, yoga, serta olahraga paling tidak 30 menit /hari untuk kurangi stres. Beberapa kegiatan moderat yang dapat dikerjakan yakni berjalan, bersepeda, berkebun, atau kerjakan pekerjaan rumah tangga.

0 Komentar