Saat si kecil terkena pilek, nafsu makannya bisa menurun disebabkan karena hidung yang tersumbat sehingga hilang nafsu makan. Hal ini justru akan berakibat fatal karena makanan sehat dan bergizi seimbang sangat dibutuhkan untuk mengobati pilek. Untuk mengurangi gejala pilek terutama hidung tersumbat, Anda bisa membeli obat pilek yang mengandung dekongestan. Namun untuk bayi atau anak di bawah usia 4 tahun, ada baiknya Anda langsung berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat pilek resep dokter yang pasti lebih aman untuk si kecil.

Di pasaran sendiri sudah banyak sediaan obat pilek yang bisa Anda beli tanpa resep dokter. Jika putra-putri di rumah sudah berusia lebih dari 5 tahun, maka Anda bisa menggunakan obat pilek anak dengan bentuk sirup. Obat pilek sirup untuk anak akan mengandung beberapa bahan aktif seperti:

Pereda demam, misalnya parasetamol, ibuprofen dan sebagainya.
Anti histamin, untuk meredakan bersin akibat alergi seperti chlorphenyramine maleat.
Dekongestan untuk melegakan hidung dan tenggorokan seperti phenylefrin dan pseudoefedrin.

Selain bahan aktif di atas, beberapa obat pilek juga mengkombinasikan bahan aktif untuk meredakan batuk seperti gliseril guaiacolat karena banyak gejala pilek anak yang juga disertai dengan batuk berdahak.

Untuk memilih obat pilek yang aman bagi si kecil, pastikan Anda membaca label kemasan dengan seksama. Perhatikan aturan pakai obat, lihat apakah ada anjuran yang sesuai dengan usia anak di sana. Jika tidak ada, maka berarti obat tersebut tidak sebaiknya digunakan untuk anak Anda. Selain itu perhatikan kontraindikasi yang bisa saja dimiliki oleh anak seperti alergi terhadap salah satu bahan obat atau memiliki riwayat penyakit lainnya.

Namun jika anak Anda masih berusia bayi, jangan ambil resiko dengan memberinya obat pilek sembarangan. Konsultasikan dengan dokter agar dapat disesuaikan dengan dosis berat badan maupun usia si kecil. Obat pilek untuk bayi yang aman bisa diberikan dokter dalam bentuk racikan sehingga memiliki komponen yang benar-benar sesuai dan dibutuhkan oleh si kecil.

0 Komentar