Bagi kamu yang sudah menginjak usia 20-an, beli rumah  merupakan impian yang sudah masuk list impian yang harus segera kamu wujudkan. Namun sayangnya nilai jual rumah dijual di Tangerang, Jakarta, Bandung dan kota – kota lainnya di Indonesia cukup tinggi, hal ini membuat kamu mengurungkan niat untuk membeli rumah impianmu saat ini. Tapi, tahukah kamu bila impian ini masih bisa kamu wujudkan ? sebenarnya bil kamu memiliki niat dan tekad yang kuat dan bersungguh-sungguh untuk beli rumah  impianmu, menabung bisa menjadi salah satu solusi yang bisa kamu terapkan. Tidak perlu mengumpulkan uang hingga mencapai nilai untuk membeli rumah secara tunai, cukup mengumpulkan dan menabung uang untuk DP atau uang muka.
Ilustrasi
Bila kamu mengetahui dan paham cara menabung yang tepat dan tidak memberatkan, tak mustahil bagi kamu untuk memiliki rumah yang sesuai dengan impianmu. Lantas bagaimana langkah atau cara dan trik menabung yang tepat dan tidak terkesan memberatkan di usia kita saat ini ? yuk simak ulasan berikut ini !!

Sisihkan Sekian Persen Penghasilan Setiap Bulan
Pada saat hari gajian tiba, sisihkan uang setidaknya 10 hingga 20 persen untuk tabungan beli rumah . Sebelum menentukan besaran uang yang akan kamu tabungkan, pastikan kamu sudah mengalokasikan uang untuk kebutuhan lain yang harus kamu penuhi setiap bulannya. Meskipun awalnya akan terasa cukup berat menyisihkan uang yang biasanya digunakan untuk shopping atau bermain dan sekedar hangout dengan teman – teman, namun berhemat demi mewujudkan impian, bukankah ini lebih penting ?

Tabungan Deposito
Tabungan deposito atau tabungan rencana bisa menjadi salah satu alternative yang cukup tepat bagi kamu yang ingin menabung lebih disiplin. Biasanya tabungan deposit akan secara langsung autodebet dari rekeningmu setiap bulannya. Jadi ketika kamu mendapatkan gaji bulanan sebagian uangmu akan otomatis mengalir ke depositomu. Nilai atau jumlah uang yang di depositkan pun bisa disesuaikan dengan kemampuanmu. Tabungan deposito hanya bisa kamu ambil dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatanmu dengan pihak bank bisa diambil 1, 2 atau bahkan 3 tahun mendatang. Dengan cara ini kamu akan terbiasa dengan mudah dan tidak merasa sedang menabung.

Kurangi Berfoya – Foya
Hangout atau sekedar makan di luar untuk berkumpul dengan teman memang sangat menyenangkan. Namun bila kegiatan ini sedikit ditekan atau dikurangi kamu bisa menabung lebih banyak untuk beli rumah  yang kamu impikan. 

Tabung Uang Dengan Nominal Tertentu
Menabungkan atau menyimpan uang dengan nilai tertentu bisa mempermudah kamu untuk menabung. Seperti contohnya setiap kamu menemukan uanga lembaran Rp. 20.000 uang tersebut harus kamu simpan dan tabungkan. Kamu tidak diperbolehkan untuk menggunakan uang lembaran Rp. 20.000. Lembaran uang tersebut merupakan jatah untuk rumah dijual di Tangerang yang kamu inginkan.

Jangan Ragu Untuk Beli Rumah Di Pinggiran
Rumah dengan lokasi strategis di pusat kota memang sangat tepat untuk dijadikan tempat tinggal yang paling sempurna. Namun tidak ada salahnya bagi kamu untuk membeli rumah yang memiliki lokasi di pinggiran kota. Biasanya rumah dengan lokasi di pinggiran kota cenderung memiliki nilai jual yang lebih rendah dan cukup terjangkau. Pilih lokasi rumah yang memiliki akses jalan yang mudah. 

Alokasikan Uang Resepsi Pernikahan Untuk Beli Rumah
Bagi kamu yang sudah memiliki pasangan dan sudah mantap untuk menghalalkan hubungan kalian. Cara yang satu ini bisa menjadi salah satu solusi yang cukup mudah. Sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia untuk membuat acara resepsi pernikahan sebagai ajang untuk unjuk gigi status sosial. Demi mewujudkan impian memiliki rumah idamanmu, tak masalah untuk sedikit melawan arus. Biasanya biaya resepsi pernikahan bisa mencapai hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Dengan jumlah nilai demikian, kamu bisa membayar DP atau bahkan membeli rumah secara tunai agar kedepannya bisa lebih ringan. Hal ini tentunya harus kamu bicarakan dengan keluarga dan orang tua.

Beli Emas Untuk Investasi
Trik yang satu ini akan sangat sayang untuk kamu lewatkan. Kamu bisa menabung dengan membeli logam mulia untuk beli rumah  yang kamu impikan. Kamu bisa mencicil beli emas murni setiap dua bulan atau tiga bulan sekali. Harga emas sekitar Rp. 500.000 – an per-gram nya. Nilai jual emas cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Kamu bisa menjual atau menggadaikannya di masa mendatang untuk beli rumah dijual di Tangerang. Pilih emas murni, jangan emas dalam bentuk gelang, anting atau lainnya. Emas murni tidak akan mengalami penurunan harga.

Bagaimana? mudah bukan? kamu bisa menerapkan beberapa tips , trik dan cara – cara diatas untuk menabung dengan cara yang tidak memberatkanmu. Menabung tidak harus selalu menyiksa dan membuat kamu justru tidak nyaman ketika menjalaninya. Lakukan sesuai dengan kemampuanmu agar terasa lebih mudah dan kamu bisa menjalankannya dengan menyenangkan. Semoga ulasan diatas bisa menjadi solusi bagi kamu yang sudah memiliki rencana untuk beli rumah  sejak dini.

0 Komentar