Gunung Kelud: Gunung Paling Berbahaya di Indonesia

Gunung Kelud, dalam bahasa jawa sering disebut dengan kata Kelut. Gunung berapi di Jawa Timur ini masuk kategori aktif. Letaknya berada di perbatasan Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang, sekitar 27km ke sebelah timur dari pusat Kota Kediri. 

Gunung Kelud merupakan gunung berapi paling aktif di Indonesia. Tercatat dari tahun 1000 M, Gunung ini telah meletus lebih dari 30 kali. Letusan terbesarnya berkekuatan 5 Volcanic Explosivity Index. Pada tahun 2014 adalah letusan terakhir dari gunung kelud. Termasuk ke dalam tipe stratovulkanik berkarakteristik letusan eksplosif. 
Gunung Kelud. foto: wisataterbaru.com
Gunung api ini terbentuk akibat proses subduksi lempeng benua Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia. Tercatat aktif meletus sejak tahun 1300 Masehi dengan rentang jarak waktu yang relatif pendek yakni 9-25 tahun. Sehingga tidak heran jika gunung api ini berbahaya bagi kita.

Pada tanggal 13 Februari 2014 pukul 22.50, Gunung ini meletus dengan tipe ledakan eksplosif. Erupsi tipe eksplosif ini menyebabkan hujan kerikil yang cukup lebat di wilayah Kecamatan Ngancar, Kediri, Jawa Timur. 

Syarifah Aqila An-Najah

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar