Kota pelajar ini memang sudah menjadi kota metropolitan. Yogyakarta modern termasuk salah satunya adalah pusat perbelanjaan yang tak berbeda dengan beberapa kota besar lainnya di Indonesia seperti di Jakarta dan Surabaya.

Meskipun kota Yogyakarta semakin berkembang namun menitnya kota ini masih memiliki keistimewaan karena sangat mudah untuk mencari penginapan murah di Yogyakarta. Itulah sebabnya makin banyak wisatawan yang selalu kembali ke Yogyakarta dengan berbagai keistimewaannya.

Lalu apa saja pusat perbelanjaan di Yogyakarta yang kerap dijadikan sebagai tempat wisata akhir pekan untuk keluarga? Berikut ulasannya.
Malioboro Mall Yogyakarta
Malioboro Mall Yogyakarta
1. Malioboro Mall
Malioboro Mall menjadi salah satu hal yang paling memiliki banyak kenangan. Selain itu mau ini juga berada di lokasi yang sangat strategis yaitu Jalan Malioboro.

Belum lengkap rasanya jika ke Malioboro jika belum mengunjungi Malioboro Mall yang memiliki beberapa tenant dan gerai. Anda juga bisa mendapatkan kaos khas dari Jogja yaitu kaos Dagadu yang asli di Malioboro Mall.

Malioboro dibangun pada tahun 1993 dan kemungkinan inilah salah satu Mall tertua di Yogyakarta. Salah satu yang menarik adalah modern ini bisa tetap berdampingan dengan penjajah kaki lima di depan pedestrian sepanjang Jalan Malioboro.

Mal ini tidak hanya menjajakan beberapa fashion dari luar negeri tapi juga sebagai salah satu sentra batik modern di Yogyakarta selain di Pasar Beringharjo dan pasar lainnya.

Yang menarik dari mall Malioboro ini karena kerap menyelenggarakan event yang bertemakan kerajinan tangan dengan menggandeng beberapa produk UMKM dari para pengrajin di sekitar Yogyakarta.

2. Galeria Mall

Galeria Mall termasuk salah satu mal tua di Yogyakarata yang dibangun pada tahun 1997. Mall ini memiliki 3 lantai. Lokasinya berada di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 99 Yogyakarta.

Fasilitas ini cukup memadai mulai dari eskalator, elevator hingga tempat ibadah dan ATM. Galeria Mall buka dari pukul 10.00 pagi sampai dengan pukul 09.00 malam.

Beberapa tenant berasal dari luar negeri dan juga dalam negeri. Warga Yogyakarta bisa mendapatkan beberapa produk fashion, kuliner, buku, hingga produk-produk kecantikan.

Berdekatan dengan beberapa perkantoran, rumah sakit, hotel, dan juga beberapa tempat wisata kuliner yang terkenal di Yogyakarta. Jadi sangat tepat jika Anda memilih hotel yang terdekat dengan galeria Mall.

3. Jogja City Mall

Jogja City Mall berada di Jalan Magelang km 6 Sinduadi, Sleman, Yogyakarta. Biasa menyebutnya dengan JCM. Seperti halnya Pusat perbelanjaan di Jakarta, jcm dibangun dalam satu kawasan dengan sebuah hotel yaitu Hotel The Sahid Rich Yogyakarta.

Pusat perbelanjaan ini memiliki arsitektur yang unik karena dibangun seperti sebuah bangunan Romawi kuno dengan ciri khas pilar-pilar tinggi. Itulah mengapa pusat perbelanjaan ini termasuk tempat belanja yang banyak dikunjungi oleh anak muda.

Kapasitas tempat parkirnya kurang lebih sekitar 1500 kendaraan roda empat dan dapat menampung kurang lebih sekitar 1250 kendaraan roda dua. Namun sayangnya pusat perbelanjaan ini pernah dilanda musibah karena insiden kebakaran. Beruntung tidak ada korban dalam musibah tersebut.

4. Plaza Ambarukmo

Pusat perbelanjaan ini ada di Jalan Laksda Adisucipto Yogyakarta. Lokasinya memang sangat strategis karena dekat dengan Bandara Adisucipto.

Mall ini dibuka pada tahun 2006, sehingga tergolong pusat perbelanjaan baru di daerah Yogyakarta. Mall ini memiliki 7 lantai. Sayangnya kapasitas parkir sangat terbatas hanya mampu menampung 1.000 kendaraan roda empat dan 1.400 kendaraan roda dua.

Keunikan pusat perbelanjaan ini karena memiliki perpaduan antara desain Jawa Klasik dengan desain interior modern. Ada sekitar 230 tenant di Plaza Ambarukmo yang menyediakan berbagai kebutuhan mulai dari fashion, perlengkapan rumah tangga, furniture, toko buku, wahana permainan, hiburan, hingga aneka wisata kuliner.

5. Hartono Mall, Yogyakarta

Pusat perbelanjaan ini berada di daerah Condong Catur Depok, Sleman, Yogyakarta. Pusat perbelanjaan lainnya menjadi pusat perbelanjaan paling muda karena baru dibuka pada tanggal 20 November 2015.

Hartono mengklaim sebagai pusat perbelanjaan terbesar di Yogyakarta dan Jawa Tengah dengan total toko sebanyak 300 unit yang terdiri dari beberapa merk dalam dan luar negeri dengan aneka kebutuhan mulai dari hiburan, fashion, rumah tangga, elektronik, hingga wisata kuliner.

Setelah mengunjungi beberapa tempat wisata di Yogyakarta tak ada salahnya langsung pesan hotel di Bali untuk sesi liburan berikutnya.

0 Komentar